Skip to content

Pengantar Piping Engineering

January 18, 2010

Introduction

I. Definisi

Didalam sebuah Plant, entah itu LNG Plant, Petrochemical Plant, Fertilizer Plant, Nuclear Plant, Geothermal Plant, Gas Plant, baik di On-Shore maupun di Offshore, semuanya mempunyai dan membutuhkan Piping.

Piping mempunyai fungsi untuk mengalirkan fluida dari satu tempat ke tempat lainnya. Fluida yang berada didalamnya bisa berupa gas, air, ataupun Vapour yang mempunyai temperature tertentu.

Karena umumnya material pipa terbuat dari metal, maka sesuai dengan karakteristiknya yaitu jika diberi temperatur atau dialirkan temperatur didalamnya, maka metal atau pipa tadi akan mengalami pemuaian, jika fluidanya panas, maupun pengkerutan, jika fluidanya dingin.

Setiap kejadian pemuaian ataupun pengkerutan dari pipa tadi, akan menimbulkan pertambahan ataupun pengurangan panjang pipa dari ukuran semula, dalam skala horizontal.

Karena kita tahu bahwa pipa tersebut tersambung dari satu alat (equipment) ke equipment lain, maka perpanjangan ataupun pengurangan tadi, secara otomatis akan membawa pengaruh terhadap titik dimana pipa tersebut tersambung.

Misalnya, jika pipa tersebut digunakan untuk penyambungan dari sebuah nozzle pompa ke nozzle Tanki, maka akibat dari pengaruh temperatur fluida didalam pipa, maka pipa akan memuai atau mengkerut yang pada gilirannya akan menarik atau menekan ke arah nozzle pompa dan nozzle tanki tersebut.

Akibat pergerakan pipa tadi, maka akan ada gaya yang menekan atau menarik nozzle pompa dan nozzle tanki tersebut, disamping juga akan menimbulkan gaya balik terhadap pipa tadi.

Pergerakan pipa tersebut atau juga sering disebut behaviour pipa, akibat adanya pengaruh temperature fluida, perlu dihitung sedemikan sehingga pergerakkan tersebut masih mampu ditahan dan diterima oleh sang pipa tanpa harus mengalami perpatahan ataupun pecah sesuai dengan kekuatan material pipa tersebut, sekaligus gaya yang diberikan akibat perpanjangan ataupun pegkerutan pipa tidak sampai merusak nozzle pompa dan nozzle tanki.

Semua perhitungan tersebutlah yang menjadi tugas utama dari seorang piping stress engineer, yaitu melakukan pekerjaan apa yang dikenal dengan Piping Stress Analysis.

Dengan kata lain, Seorang Piping Stress Engineer mempunyai tugas untuk menghitung dan menganalisa suatu system pemipaan dalam sebuah Plant sedemikian rupa sehingga system piping dan plant secara keseluruhan mampu tetap beroperasi secara aman didalam berbagai kondisi.

II. Organisasi didalam Piping

Piping Department adalah bagian dari Divisi Engineering, yang selain Piping, juga terdiri dari Process, Mechanical, Civil/Structural, Electrical & Instrument.

Piping Department sendiri mempunyai 3 sub bagian dan dipimpin oleh seorang Piping Manager, yaitu:

  • Piping Design/Lay Out
  • Piping Material Engineering dan Material Control
  • Piping Stress Engineering dan Pipe SUpport
  • Secara singkat tugas masing-masing bagian tersebut adalah:

    Piping Design

    Ini adalah group yang paling anyak anggotanya. Group ini mempunyai tugas untuk men-design atau membuat layout dari piping system. Mereka bertanggung jawa untuk menghasilkan layout piping yang cukup flexible dan cukup mempunyai supporting system. Mereka juga harus memastikan bahwa semua in-line instrument tergambar dengan tepat pada lokasi tertentu, dengan equipment equipment dan pipa yang sesuai dengan project criteria.

    Group ini juga harus sudah mempertimbangkan faktor operasi, maintenance, safety dan constructability.

    Piping Material Engineering dan Material COntrol

    Piping Material Engineer mempunyai tanggungjawab untuk membuat Master Specification untuk semua piping system. Specification untuk Piping Material biasanya terdiri dari pipa, valves, fittings, flanges, bolt and nut, gaskets, branch connections, fabrication criteria dan installation criteria. Juga termasuk insulation, paint dan special coatings lainya, dan tak kalah pentingnya adlah specialy items.

    Sedangkan material control berfungsi untuk melakukan perhitungan total material piping yang diperlukan pada sebuah project. Termasuk didalamnya melakukan perhitungan Material take Off (MTO), production of Bill of Material (BOM), RFQ (Request For Quotation), Bid Tabulation.

    Piping Stress Engineer dan Pipe Support

    Tugasnya adalah melakukan perhitungan dan analisa terhadap seluruh piping system (critical system) dan men-design pipe support. Group ini juga memproduksi Specification untuk Stress Analysis, Spring Support, Standard Pipe Support, Special Pipe Support, expansion joints, dan special engineered item.

    Sumber: Donny Agustinus

    3 Comments leave one →
    1. adi permalink
      September 17, 2011 1:09 pm

      Pak Donny…
      saya mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di makassar…
      saya mau mengambil judul mengenai piping strees analisis atau mengenai konstruksi boiler..
      kalau bisa saya minta bantuan bapak untuk memberikan masukan-masukan mengenai judul apa yg bagus untuk saya angkat menjadi judul tugas akhir saya,dan kalau bisa bapak memeberikan saya artikel-artikel yg terkait dengan judul yang akan saya angkat (baik berupa file pdf, ppt, word, dll),dan nantinya mohon dikirim melalui email saya adhy_antek@yahoo.com.dan apabila bapak berkenan, nantinya saya akan bertanya-tanya tentang tugas akhir tersebut dengan bapak lewat e-mail.
      terima kasih sebelumnya atas segala bantuan bapak.

    2. dede permalink
      October 18, 2014 11:22 pm

      Pak Doni

      Terimakasih atas tulisan-nya, mohon izin mau ta copy ya

    3. hendro permalink
      April 9, 2016 2:19 pm

      salam pak doni

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: