Skip to content

Menentukan MDMT

January 15, 2010

MDMT merupakan prosedur untuk menentukan temperatur terendah yang diizinkan untuk menentukan apakah diperlukan impact test atau tidak. Standar ASME telah mensyaratkan agar ditentukan MDMT untuk semua jenis pressure vessel dan diatur dalam kode UCS 66 untuk material carbon steel dan MDMT tersebut dicantumkan pada nameplate. MDMT tersebut menjadi batasan sebagai temperatur terendah suatu proses di dalam pressure vessel yang merupakan temperatur terendah yang diijinkan, dihitung terhadap masing-masing komponen individu pressure vessel.

Kadang-kadang, nilai MDMT ditentukan oleh user. Kemudian vendor berkewajiban untuk membuktikan aktual MDMT setiap komponen yang digunakan lebih rendah daripada MDMT tersebut.

Ada beberapa pengertian MDMT tergantung dari bagaimana ini digunakan, yaitu:

1. Arbitrary MDMT

Merupakan nilai MDMT yang ditentukan secara bebas tetapi berdasarkan pertimbangan dan kebijakan tertentu yang biasanya ditentukan oleh user atau menurut ketentuan pada ASME Section VIII Division 1 UG-20. Beberapa user memiliki nilai MDMT standar untuk menentukan temperatur terendah sesuai dengan kondisidi lapangannya.

2. Exemption MDMT

Merupakan temperatur terendah yang dapat dioperasikan oleh pressure vessel pada kondisi full design pressure tanpa tes impact tiap bagian komponen.

3. Test MDMT

Temperatur terendah yang digunakan pada kondisi pressure vessel dites impact.

Perlu dipertimbangkan dalam menentukan MDMT, mengingat apabila kita melakukan tes impact memerlukan biaya, maka ada beberapa cara untuk menghilangkan tes impact, dan pada saat yang sama akan menghasilkan MDMT terendah yaitu:

  1. Upgrade jenis material ke grup yanglebih tinggi
  2. Tambah ketebalan komponen untuk mengurangi ketegangan (stress) material
  3. Kurangi tekanan pada MDMT. Akan tetapi ini akan merubah suatu proses dan kemungkinan dapat diperbolehkan atau tidak. Kadang-kadang sebuah pressure vessel tidak beroperasi pada kondisi full design pressure pada kondisi temperatur rendah tetapi mempunyai kondisi alternatif seperti shutdown atau . Sometimes a vessel does not operate at full design pressure at the low temperature condition but has alternate conditions, such as shutdown or terjadi penurunan tekanan.

Formula yang digunakan untuk menghitung MDMT:

Keterangan:

R1 = ratio tebal material pada kondisi MDMT terhadap tebal yang terkorosi

R2 = ratio tegangan aktual terhadap tegangan yang diijinkan

R = gunakan mana yang lebih rendah antara R1 atau R2

tr = tebal material pada kondisi MDMT, inch

tc = tebal material komponen terkorosi, inch

tn = tebal material komponen kondisi baru, inch

Sa = tegangan aktual yang terjadi, psi

SMT = tegangan yang diijinkan pada kondisi MDMT, psi

T1 = temperatur terendah yang diijinkan untuk tiap komponen berdasarkan materialnya, °F

T2 = pengurangan temperatur MDMT tanpa tes impact, °F

Untuk menentukan T1 dan T2 dapat ditentukan melalui kurva yang ada di ASME Sect. VIII Div. 1 tahun 2004, yaitu Fig. UCS-66 untuk menentukan T1 dan Fig. UCS-66.1 untuk menentukan T2.

Oleh karena itu untuk di dalam ASME Sect. VIII Div. 1 diatur cara untuk menentukan MDMT tanpa tes impact melalui diagram di bawah ini:

3 Comments leave one →
  1. latif_de permalink
    February 22, 2011 4:38 pm

    web nya siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip………………. !!!!
    masih di hanjung mas?

    • syaefrudin permalink*
      May 8, 2013 4:23 am

      Terima kasih mas latif..
      maaf sudah sangat lama, baru sempat buka blog ini karena kesibukan kerjaan kantor..
      Semoga bermanfaat mas…

  2. Ktistopel Nainggolan permalink
    November 2, 2015 1:35 pm

    Mas bro….. saya lagi belajar mendesign pv dgn pv elite, material yg saya gunakan sa-285 a carbon steel, internal pressure 1500 kpa temperatur 100 c thickness require 28.5 mm sedangkan inside diameter shell 3000 mm corrosion allowacnce 3mm nah ketika running analisis, hasil analisisnya reportnya mdmt merah atau hasilnya mdmt mungkin tdk masuk dgn hasil designnya mohon pencerahannya mas bro trims……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: